Gunung Tumpeng Terkenal Karena Keangkerannya

Vicka Hafsary | FollowIG
0


Cikarang - Gunung tumpeng berada di kawasan Pasereuhan, Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Tumpeng adalah sajian nasi berbentuk kerucut dalam istilah adat sunda. Gunung Tumpeng sangat mudah dikenali karena bentuknya yang sangat menonjol dibanding dataran sekitarnya.

"Iya memang tinggi sekali. Luasnya bisa sampai 1hektar" Ujar Pak Herman, sekdes Cikarang.

Di hadapan gunung ini ke arah barat, mengalir Sungai Ci Laki yang bersumber dari pegunungan di selatan Bandung. Sungai yang menjadi salah satu nama jalan di kota Bandung dan menjadi batas dua kabupaten, Garut dan Cianjur, ini seakan disaksikan Gunung Tumpeng mengalir ke laut Selatan.

Konon pada zaman dulu, Gunung Tumpeng ini terkenal dengan keangkerannya yang memiliki aura mistis, karena banyak yang menyebutkan bahwa pasangan gunung tumpeng tersebut adalah Gunung Dangur.

Gunung Dangur sendiri dulunya adalah tempat persembunyian orang-orang pada zaman penjajahan Belanda. Dangur merupakan sebuah kawasan  yang terabaikan atau terlupakan yang dulunya bukan perkampungan melainkan sebuah hutan subur dan masih subur sampai sekarang walau sudah terbagi-bagi menjadi beberapa kawasan.

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi masyarakat sekitar, karena sejarah tersebut turun temurun dari orang tua terdahulu, dan hal ini adalah cerita rakyat yang terus berkembang.

Gunung Tumpeng memiliki keindahan yang begitu menawan bagi siapa saja yang melihatnya. Di atas Gunung Tumpeng hanya ada lempengan-lempengan batu dan pepohohan yang rimbun. Terlepas dari cerita kemistisannya, sekarang Gunung Tumpeng menjadi momentum Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu.

Kami mengunjungi daerah ini berhubungan dengan adanya kegitan KKN Tematik Universitas Garut dan kebetulan kami ditempatkan di Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu.

Apabila kawan semua penasaran ingin melihat Gunung Tumpeng ini, langsung saja berkunjung ke Kp. Pasereuhan, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Garut.

Note: Tulisan ini dikirim oleh salah seorang mahasiswa universitas garut (UNIGA) yang saat ini tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Cikarang

Rekomendasi Untuk Anda × +
URL:
Cisewu.com adalah media kolaboratif warga cisewu yang menyajikan beragam informasi yang bersumber dari beragam sumber yang kami olah dengan terlebih dahulu. jika mau berkontribusi, silahkan hubungi kontak kami.

Artikel Terkait

Gunung Tumpeng Terkenal Karena Keangkerannya
4/ 5
Oleh
Buka Komentar