Jalan Karangsewu Rusak Parah Padahal Bupati Sempat Singgah

Vicka Hafsary | FollowIG
0



Cisewu - Jalan menuju Desa Karangsewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut rusak parah. Batu-batu besar berserakan hampir di sepanjang jalan, kubangan air bercampur lumpur sisa hujan selama beberapa pekan  terakhir. juga masih tergenang. Pemandangan ini terlihat jelas di sepanjang jalan di Desa Karangsewu, Selasa (25/12)

Kondisi kerusakan di sebagian besar kawasan ini hampir merata khususnya di jalan-jalan pelosok. Hal ini diperparah dengan kultur tanah yang berbukit yang menyebabkan laju kendaraan semakin sulit. Keadaan ini lebih menghkhawatirkan dibandingkan dengan jalan yang ada di wilayah kecamatan karangsewu.

Kerusakan parah terjadi sekitar 8 tahun terakhir. karena sejak 2002 hingga sekarang tak ada sentuhan perbaikan sama sekali, permukaan jalan kian tidak rata sehingga dengan otomatis mempersulit  akses transportasi darat pengendara yang melintas.

Terkait jalan rusak, pihak desa sudah sering melaporkan ke pemerintah terkait, namun sampai saat ini pemerintah seolah tutup mata akan permasalahan ini. Bahkan pada tahun 2014 Bupati Garut sempat singgah di Desa karangsewu dan menjanjikan dalam pidatonya bahwa siap melakukan pengaspalan jalan pada tahun 2017.  Namun hingga pengujung tahun 2018 ini belum ada bukti nyata yang dilakukan oleh pemerintah Kab. Garut

Akibat kerusakan akses jalan yang parah ini, warga harus menempuh perjalanan sekitar 8 jam dari Garut Kota. Tidak hanya soal jalan yang rusak, penerangan jalan pun sangat kurang sehingga tidak memungkinkan warga untuk bisa melewati jalur tersebut pada malam hari keadaan ini di perparah lagi dengan sinyal jaringan telekomunikasi yang juga sulit terkoneksi di Desa tersebut.

Jalan tersebut merupakan jalan alternative wisata cisewu-rancabuaya yang melewati 3 Desa yaitu Desa Panggalih, Desa Karangsewu dan Desa Samudra Jaya. Semua jalan di 3 Desa tersebut rusak parah. Padahal jalan tersebut merupakan jalan alternative terdekat menuju wisata rancabuaya, khususnya dari arah bandung.

 “Kapan pemerataan pembangunan akan kami rasakan? Pemerintah kabupaten dan provinsi cobalah membuka mata, lihatlah daerah pelosok-pelosok. Jangan saling menyalahkan ini jalan desa lah, jalan kabupaten lah, jalan provinsi lah. Kami sebagai masyarakat tidak membutuhkan argument lagi, hanya bukti nyata yang kami butuhkan  saat ini setelah sekian lama menunggu janji…,” Ungkap Kepala Dusun Karangsewu, Asep Irawan.

Sumber: lppm.uniga.ac.id berikut link-nya https://lppm.uniga.ac.id/2019/01/10/nasib-jalan-karangsewu-yang-terabaikan-warga-kami-butuh-bukti/

Rekomendasi Untuk Anda × +
URL:
Cisewu.com adalah media kolaboratif warga cisewu yang menyajikan beragam informasi yang bersumber dari beragam sumber yang kami olah dengan terlebih dahulu. jika mau berkontribusi, silahkan hubungi kontak kami.

Artikel Terkait

Jalan Karangsewu Rusak Parah Padahal Bupati Sempat Singgah
4/ 5
Oleh
Buka Komentar