Desa Cisewu Kembangkan Budidaya Lada (Pedes)

Windy Auliani | FollowIG
0


Cisewu.com - Cisewu memiliki tanaman khas unggulan yang menjadi ciri khas dan dominan ditanam oleh warganya. Sebut saja ada kapol, nilam, cengkeh, lada dan juga tanaman yang lainnya.

Belum lama ini ada sebuah video yang diupload oleh channel YouTube Cerita Desa dengan judul 'Merica Khas Desa Cisewu'. Dalam video tersebut, Kepala Desa Cisewu Bpk Udan Rukmana menyampaikan bahwa salah satu potensi ekonomi di desanya adalah pengembangan budidaya merita (pedes).

"Untuk pengembangan ekonomi kedepannya khusus di merica lumayan menjanjikan" katanya dala video tersebut.

Melihat potensi tersebut, Beliau mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan potensi budidaya tersebut lewat kelompok tani (Poktan). Dia juga Berharap kedepannya banyak masyarakat yang tertarik untuk menanam pohon merica ini.

"Nah harapan kami kedepan, seluruh lapisan warga khusus di desa cisewu menanam atau bisa mengembangkan pohon merica ini" tambahnya.

Sebagai bentuk keseriusan dalam pengembangan budidaya ini, bahkan dia mengaku bahwa sudah dialokasikan dana desa khusus.

"Kami sudah usulkan pengalokasian dana desa untuk pengembangan merica ini" tegasnya.
Sementara itu, salah seorang warga yang membudidayakan tersebut Yudianaf mengatakan bahwa budidaya ini diharapkan bisa mendongkrak perekonomian di wilayah cisewu khususnya. Dia mengajak seluruh warga untuk ikut berpartisipasi mengembangkan budidaya lada tersebut.

"Cara menanam lada ini di daerah kami sangat cocok, karena datarannya dataran rendah, dan pemeliharaannya tidak begitu sulit" katanya.

Dia juga berharap bantuan dari pemerintah khususnya dalam inovasi pengembangannya karena jika serius ini bisa menjadi salah satu upaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar.

“Inovasi kedepannya mungkin dari pemerintah juga turut membantu” ucapnya.
Tonton videonya: https://www.youtube.com/watch?v=QedVZnSYw8M
(wdy)

Rekomendasi Untuk Anda × +
URL:
Cisewu.com adalah media kolaboratif warga cisewu yang menyajikan beragam informasi yang bersumber dari beragam sumber yang kami olah dengan terlebih dahulu. jika mau berkontribusi, silahkan hubungi kontak kami.

Artikel Terkait

Desa Cisewu Kembangkan Budidaya Lada (Pedes)
4/ 5
Oleh
Buka Komentar